PENJABARAN Standard Operasional Dr.NUNUNG NURLAELA SARI
(08161327540,081314486459)
Email : nunung704@yahoo.com
SOP SILABUS1. SK/KD = Lihat di STANDAR ISI2. KARAKTER = Lihat di Paparan 18 NILAI KARAKTER, Dari DIREKTORAT Pembinaan SMP(PSMP)3. MATERI = Lihat di STANDAR ISI, BUKU REFERENSI (BSE dll)4. INDIKATOR = Pencapaian Kompetensi yang diwujudkan dalam PENILAIAN 5. KEGIATAN PEMBELAJARAN6. SUMBER BELAJAR, beri identitas bahan ajar untuk setiap KD co: pptx 1-1, tabel 1, tabel 27. WAKTU harus disesuaikan dengan PROTA dan PROSEMad. PENILAIAN
Teknik = Test/Nontest),
Bentuk = Test => PG dll
Nontest => Perlu Rubrik
Instrument = Bentuk Perintah Soal
ad. KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Pertimbangkan EKSELKO
- KD dan NILAI KARAKTER
- Indikator
- Method yg akan digunakan (contoh: CTL)
CTL :
a. Contructivisme (Memandang Bahwa siswa mempunyai skemata/lt.belakang pengetahuan)b. Questioning (Ekselko)c. Inquiry (Berdasarkan keingintahuan anak akan mencari)d. Modeling (Guru mencarikan, memberikan contoh)e. Learning Community (Bekerjasama dalam kelompok0f. Authentic assessment (Menilai apa yang dipelajari dalam proses)g. Reflection (Menilai diri sendiri tentang apa yg telah dipelajari)ad. KEGIATAN DIKELAS
* Pendahuluan 1. Apersepsi, Menjembatani apa yg sudah diketahui dan dengan yang akan dipelajari 2. Motivasi, Manfaat dari apa yg akan dipelajari dalam kehidupan 3. Menyampaikan Tujuan Pembelajaran 4. Menyampaikan Cakupan Materi 5. Menyampaikan Uraian Kegiatan * Kegiatan Inti (ingat EKSELKO) 1. Eksplorasi, Menggali-Mencari-Mengamati-Mempelajari (Dipandu Guru, Siswa lebih aktif) 2. Elaborasi, Dari hasil Eksplorasi dikembangkan serta dikaitkan dengan fenomena yg ada
(Dipandu Guru, Siswa lebih aktif) 3. Konfirmasi, Guru yang lebih aktif = Pencarian sumber sehingga apa yg didapatkan dikedua
kegiatan diatas dapat divalidasi * Penutup 1. Menarik Kesimpulan 2. Melakukan Refleksi terhadap Proses yang baru saja dilalui 3. Penugasan/Penilaian 4. Menyampaikan Rencana Pengajaran yg akan datang
Bahasa Inggris
7 tahun yang lalu